2 Tawarikh 7 : 11 - 22

Hari ini Firman Tuhan bicara tentang kebangkitan dan sukacita. Karena Yesus sudah bangkit rnaka tidak ada lagi alasan untuk kita tidak bersukacita. Terlepas dari seberapa banyak persoalan yang dihadapi, seberapa berat masalah yang dipikul, namun satu hal yang pasti Yesus sudah bangkit karena itu kita harus bersukacita. Memang kebangkitan Yesus tidak langsung otomatis menyelesaikan semua masalah kita, tapi kebangkitan-Nya memberikan kepastian bagi kita, kalau maut saja sudah dikalahkan-Nya maka segala perkara dapat kita tanggung di daiam Dia yang memberikan kekuatan pada kita.


Setelah kematian Yesus, murid-murid-Nya sangat ketakutan mereka takut pada orang Yahudi, sebab mereka tahu orang-orang Yahudi telah merancangkan siasat busuk untuk dapat menuduh mereka telah mencuri mayat Yesus, sehingga olehnya orang Yahudi punya alasan untuk menyangkal kebangkitan Yesus. Iblis itu sangat licik, karena itu ia selalu beaisaha menaruh di pikiran kita alasan untuk bersedih, alasan untuk kecewa, dan alasan untuk takut, sama seperti yang sedang dialami oleh murid-murid Yesus ini, dan suasana seperti ini paling menyenangkan bagi setan, sebab ketika kita sedih, kecewa, dan dalam ketakutan gampang untuk menghalalkan segala cara. Tapi ketika kita menyadari bahwa Yesus sudah bangkit, mungkin masalah kita belum selesai tetapi kita . punya pengharapan bahwa kalau kematian saja sudah ditaklukan-Nya maka masalah kita pun pasti clapat diselesaikan di dalam Kristus yang memberikan kekuatan dan kemenangan bagi kita. Hal penting lainnya yang kita jumpai dalam ayat pembacaan ini, walaupun kita dalam keadaan sedih, kecewa, dan dalam ketakutan, satu hal yang past{ Tuhan Yesus tidak pernah membiarkan dan meninggalkan kita sendirian. Cuma persoalannya, apakah kita menyadari kehadiran/penyertaan Tuhan,' ingat peristiwa perahu murid-murid Yesus ketika dihantam badai mereka sangat ketakutan, dan di sisi lain tidak menyadari bahwa Yesus ada di sekitar mereka, itulah sebabnya ketika mereka melihat Yesus berjalan di atas air dan berteriak: "itu hantu". Yesus segera menenangkan mereka dengan berkata: "Ini Aku, bukan hantu". Yesus adalah Tuhan yang selalii menyertai kita, la menyertai kita lewat Roh-Nya, Firman-Nya, lewat hadirat-Nya, kasih-Nya dan tuntunan-Nya.
Dalam kisah ini, ketika rnurid-murid Yesus berkumpul bersama di suatu ruangan yang tertutup dan semua pintu terkunci, di saat mereka sedang dalam ketakutan, Yesus yang sudah bangkit itu tiba-tiba hadir dan memberi salam, kata-Nya: "Damai sejahtera bagi kamu!" Setelah mereka sadar bahwa Tuhan hadir di tengah-tengah mereka maka bersukacitalah mereka. Jadi kebangkitan Yesus membuat murid-raurid-Nya bersukacita kembali.
Melalui kisah ini ada beberapa pelajaran penting yang kita jumpai. Mengapa kebangkitan Yesus menjadi jaminan sukascita kita?
1. Ayat 19-20; Karena kebangkitan Yesus akan merubah arah pikiran kita.
Jangan berpikir setelah kebangkitan Yesus maka semuanya sudah selesai, orang-orang Yahudi yang mengancam mereka tetap ada, sebab itu mereka dalam ketakutan, namun setelah berjumpaYesus mereka bersukacita. Mereka bersukacita bukan karena masalah mereka sudah selesai, tapi karena setelah melihat Yesus
arah pikiran mereka menjadi benubah. Apakah kita sadar, seringkali kita sedih, kecewa, dan dihantui perasaan takut, bukan karena masalah kita besar tapi karena arah pikiran kita tertuju pada arah pikiran yang keliru. Kenapa banyak terjadinya pasangan suami-istri yang bercerai, karena arah pikiran mereka berbeda. Karena itu arah pikiran kita harus berubah dan diselaraskan dengan Firman Tuhan, sehingga olehnya Allah kita akan turut bekerja dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.
2. Ayat 21; Karena kebangkitan Kristus menjawab
segala pertanyaan kita.
Yang seringkali membuat orang tidak bersukacita, ada dalam ketakutan atau tertekan, karena di pikirannya bertumpuk pertanyaan-pertanyaan yang tidak dapat dijawab. Demikian juga dengan nnurid-murid Yesus, mereka ketakutan karena pikiran mereka dikuasai banyak pertanyaan. Diantaranya, mereka berpikir Yesus yang sudah bangkit itu apakah mampu menolong mereka. Namun kuasa kebangkitan Yesus berkuasa menembus pintu-pintu yang terkunci itu dan segera la menjumpai mereka, ini bukti bahwa kuasa Allah tidak terbatas dan tidak ada yang dapat membatasinya. Jadi bagi Allah tidak ada perkara yang mustahil. Karena itu kebangkitan Yesus merupakan jawaban dalam hidup kita.
3. Ayat 22; Karena kebangkitan Yesus memberikan kehidupan yang berarti buat kita. Yesus berkata: "Terimalah Roh Kudus", berarti dengan kata lain Yesus hendak berkata: Roh-Ku sekarang tinggal di dalam kamu. Banyak orang berpikir, hidupnya akan menjadi berharga kalau ia banyak uang, harta melimpah, namun ingatlah sesungguhnya harga hidup kita tidak tergantung pada uang yang kita miliki, tapi ada pada salib, darah Yesus yang tertumpah itulah harga hidup kita. Karena itu kebangkitan Yesus menjadikan hidup kita berarti dam berharga di mata Tuhan. Jadi kita bukan lagi orang biasa tapi anak Raja, sebab itu kita tidak lagi berjalan sendirian karena Roh Kudus ada di dalam kita.
4. Ayat 23; Karena kebangkitan Kristus menjadikan kehidupan kita berkuasa. Alkitab mencatat, kalau kamu menyatakan kepada orang "dosamu diampuni" maka dosanya diampuni, kalau kamu nyatakan dosanya ada maka tetap ada, ini berarti bicara tentang kuasa. Juga dikatakan "Apa yang kamu ikat di bumi maka terika di Sorga, apa yang kamu lepaskan di bumi maka terlepas di Sorga", juga dikatakan "apa saja yang kamu ucapkan jika tidak bimbang tapi percaya maka kamu akan menerimanya", ini semua bicara tentang kuasa. Dengan bangkitnya Yesus hidup kita jadi berkuasa, bahkan kita punya kuasa untuk menakiukan dunia, itulah sebabnya tidak ada alasan lagi untuk kita tidak bersyukur dan bersukacita. Kesimpulan
Dengan Yesus bangkit tidak ada alasan lagi untuk kita takut, sedih, bersungut-sungut, dan hidup dalam kekecewaan. Karena apapun yang terjadi kita dapat memandang pada kuasa kepangkitan-Nya, yang membuat kita hidup dalam kuasa, yang menjamin kepastian hidup berkemenangan, dan hidup dalam jaminan penyertaan serta pemeliharaan-Nya yang sempurna. Kebangkitan-Nya juga membuat hidup jadi berarti dan berharga di mata Allah.

date Selasa, 06 April 2010

0 komentar to “KEBANGKITAN DAN SUKACITA (PASKAH) (04/04/2010)”

Leave a Reply: