2 Raja-raja 23:1-23

Di dalam kitab 2 Raja-Raja Yesus dikenal sebagai pembaharu atau penerobos. Itulah sebabnya setiap orang bertobat disebut juga telah lahir baru, karena Yesus adalah Tuhan yang telah memperbaharui hidupkita. Setelah pertobatannya Paulus berkata: " aku telah turut disalibkan dengan Kristus, aku hidup namun bukan aku lagi yang hidup tetapi Kristus yang hidup di dalamku". Inilah yang dimaksud dengan hidup baru, dimana terjadi perubahan hidup yang luar biasa, jadi bukan sekedar menjadi Kristen.

Untuk itu perlu kita ketahui, dalam hidup ini ada tiga tipe karakter manusia:
Pertama, tipe pengikut.
Jadi apapun yang ia lakukan disebabkan karena ikut-ikutan, orang ke gereja ia ikut-ikutan ke gereja, orang lain berdosa ia ikut berdosa, dsb.
Kedua, kelompok pemberontak.
Ia ingin selalu berbeda dengan orang lain, dalam pengertian berlawanan, Contoh: Di dalam Negara Kesatuan Repoblik Indonesia ini masih ada yang berontak ingin memisahkan diri dari NKRI.
Ketiga, Kelompok Penerobos.
Artinya berani melawan arus tetapi tetap berpegang pada kebenaran. Orang-orang yang dipakai Tuhan yang dicatat Alkitab adalah para penerobos, seperti Musa, Daud, Elia, Daniel, Yesus sendiri adalah penerobos Tidak jarang para penerobos ini pada awalnya dianggap sebagai pemberontak.
Jelas antara penerobos dengan pemberontak itu berbeda, dan perbedaannya terletak pada dasarnya: Pemberontak, dasarnya adalah dirinya sendiri, tetapi Penerobos dasarnya adalah karena kebenaran; bagi para penerobos apapun yang Tuhan kehendaki akan ia lakukan sekalipun harus menanggung resiko. Mereka berani karena yakin selalu berjalan bersama Tuhan. Daud berkata, "dekat Tuhan aku tenang", rahasianya karena Roh yang ada di dalam orang beriman jauh lebih besar dari roh yang ada di dalam dunia." Dalam ayat-ayat bacaan ini dapat kita jumpai tentang Yosia sedang melakukan pembaharuan. Yosia menjadi raja sejak usia 8 tahun menggantikan Amon ayahnya. Karena menjadi raja diusia muda maka Yosia mempunyai para pembimbing, dan pembimbing-pembimbingnya inilah orang-orang yang takut akan Tuhan, karena itu diusianya yang sangat muda Yosia mengadakan pembaharuan, segala bentuk pemujaan kepada illah lain, dan bahkan segala hal yang berhubungan dengan berhala dihancurkan dan dilenyapkan, Yosia memulihkan ibadah kepada Allah. Hal ini juga yang dilakukan oleh Kristus, ia menjadikan segala sesuatunya menjadi baru. Ada beberapa pelajaran penting yang dapat kita peroleh dari ayat-ayat bacaan ini, diantaranya sebagai berikut:
1. Ayat 1-3; Yesus sebagai pembaharu yang memperbaharui hidup kita agar kembali mengikuti perintah-perintah Tuhan.
Harus kita sadari untuk melenceng dari perintah Tuhan tidaklah membutuhkan jalan yang terlalu jauh. Itulah yang dikatakan Paulus, kamu telah memulainya dengan roh janganlah mengakhirinya dalam daging. Memang kadangkala kita memulainya benar tapi diujungnya melenceng, karena itu dalam perjalanan kekristenan kita harus senantiasa disadari bahwa setan itu penipu dan terus berusaha membuat kita tersesat. Untuk itu jangan biarkan hidup kita menjadi kosong, harus diisi dengan Firman, bertekun dalam doa, berserah pada pimpinan
Roh Kudus, dan bergiatlah dalam beribadah, sebab jika kosong iblis akan masuk dan menghancurkan kita. Yesus datang sebagai pembaharu yang selalu mengingatkan kita akan ancaman dan tipu muslihat iblis.
2. Ayat 4; Yesus sebagai pembaharu yang serius dalam memberaihkan kita dari segala yang jahat.
Yosia sangat serius dalam memusnahkan segala bentuk penyembahan berhala dan dalam tnembersihkan Bait
Suci. Ini yang sering menjadi persoalan orang Kristen, kita ingin hidup kudus, suci dan melakukan kehendak
Tuhan, tetapi kendalanya tidak sedikit diantara kita yang tidak serius dalam tekatnya, sehingga walaupun
sudah Kristen tapi hidupnya masih terikat dosa. Harus kita sadari untuk dapat hidup benar sangat membutuhkan keseriusan, serius berarti menjalaninya dengan segenap hati. Apapun yang dijalani dengan
serius hasilnya selalu mendatangkan sukacita.
3. Ayat 15-16; Yesus sebagai pembaharu yang bekerja sampai tuntas.
Itulah sebabnya Yesus dikatakan sebagai yang Alfa dan Omega, la mengerjakan segala sesuatunya dengan tuntas. Ketika Yosia membasmi segala bentuk pemujaan berhala, ia lakukan sampai tuntas, dan benar-benar bersih sampai abunyapun dibuang. Begitu jugalah hendaknya yang kita lakukan, jika bertobat selesaikan persoalan hidup lama kita secara tuntas, dan hiduplah lahir baru di dalam Kristus. Persoalan yang -Bering dialami orang percaya tidak menyelesaikan secara tuntas apa yang sudah kita mulai, contoh; mau baca Alkitab sampai selesai namun di tengah jalan berhenti, pada awalnya sudah putuskan untuk bertobat tapi di hari kemudian berbuat dosa lagi, dsb. Satu hal yang pasti, apapun yang kita mulai bersama dengan Yesus kita akan akhiri dengan kemenangan di dalam kekuatan kuasa Allah, tantangan boleh ada tetapi bersama Yesus tidak ada perkara yang mustahil.
4. Ayat 21-22; Yesus Sebagai pembaharu yang menegakan hukum-hukum Tuhan (Yang membuat kita
memiliki pandangan yang baru terhadap perkara-perkara rohani, tidak sekedar ritual saja). Bangsa Israel tetap merayakan paskah tetapi tidak sesuai dengan hukum-hukum Tuhan, mereka laksanakan hanya sebatas ritual saja. Demikian juga dengan sebagian orang percaya, mereka menjalani hidup kekristenan mereka hanya sebatas ritual saja. Berdoa, beribadah, baca Alkitab dilakukan dengan terpaksa karena merasa sesuatu yang wajib dilakukan seorang percaya, jadi tidak menikmati doa, ibadah, dan berkat-berkat Firman Tuhan, pada hal bukankah melakukan hal-hal yang rohani itu sangat menyenangkan?!. Seorang yang belum lahir baru tidak melakukan hal rohani dalam kasih dan dalam ketaatan kepada Allah Bapa.

Kesimpulan
Yesus Sebagai pembaharu bagi kita orang percaya. la memperbaharui hidup kita agar dapat kembali mengikuti perintah-perintah Tuhan, la pembaharu yang serius dalam membersihkan kita dari segala kejahatan, juga pembaharu yang bekerja secara tuntas, Yesus juga sebagai pembaharu yang membuat kita sungguh-sungguh melakukan segala hukum Tuhan.

date Minggu, 17 April 2011

0 komentar to “YESUS ADALAH PEMBAHARU/PENEROBOS (03/04/2011)”

Leave a Reply: